• Tentang UGM
  • Tentang FEB UGM
  • Logistics Performance Index
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Gambaran Singkat
    • Misi Bidang Kajian MLRP
    • Visi Bidang Kajian MLRP
    • Arah Riset dan Kajian
  • Program dan Kegiatan
    • MLRP Research Club
    • MLRP DataBase
    • MLRP Update
    • MLRP Quarterly
    • MLRP Thesis of The Year
    • MLRP Research
  • Kontak
  • Hubungi Kami
  • Beranda
  • MLRP Update
  • Peluang Penelitian Untuk Rantai Pasokan Tangguh Pasca COVID-19

Peluang Penelitian Untuk Rantai Pasokan Tangguh Pasca COVID-19

  • MLRP Update
  • 31 Agustus 2022, 15.59
  • Oleh: mlrp.feb
  • 0

Sejak pandemi covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 lalu sangat memberikan dampak pada hampir 95% rantai pasokan perusahaan di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena peningkatan permintaan akibat panic buying dari konsumen, sementara pabrik banyak yang tutup karena kebijakan dalam mengurangi penyebaran virus covid-19. Sayangnya, penelitian mengenai ketahanan rantai pasokan yang ada mungkin tidak berkontribusi penuh untuk memahami risiko rantai pasokan di industri yang terjadi terutama akibat pandemi covid-19. Terdapat kesenjangan antara pemahaman risiko rantai pasokan dalam literatur dan industri.  Baru- baru ini banyak peneliti menyerukan penelitian yang lebih terintegrasi ke dalam pendekatan dan taktik manajemen risiko rantai pasokan untuk meningkatkan ketahanan rantai pasokan. Seperti Scholten dkk. (2020) menyatakan publikasi tentang ketahanan rantai pasokan sering memiliki dasar empiris yang terbatas dan bahwa sebagian besar literatur bersifat konseptual.

Ada tiga daerah yang diusulkan dalam penelitian Hoek, 2020 mengenai  beberapa peluang penelitian yang terintegrasi ketahanan rantai pasokan pasca Covid-19 dengan melakukan eksplorasi tantangan dalam industri meliputi supply risk, demand risk dan control risk. Berikut beberapa peluang yang disampaikan oleh Hoek, 2020 :

  1. Mengembangkan model keputusan untuk desain rantai pasokan yang tidak terlalu terbatas pada fokus biaya tetapi juga mempertimbangkan waktu respons dan pertimbangan fleksibilitas.
  2. Teknologi yang lebih baru dapat memungkinkan rantai pasokan yang lebih otonom di mana menara kontrol dapat memanfaatkan tingkat visibilitas baru untuk mengelola risiko permintaan dan pasokan. Dengan mengembangkan kerangka pengambilan keputusan yang lebih baik untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan teknologi ini.
  3. Melakukan segmentasi pemasok yang ada dan meningkatkan hubungan pemasok untuk bergerak ke arah pendekatan non-oportunistik tersegmentasi untuk mencari dukungan pemasok pada saat terjadi gangguan, seperti pemilihan pemasok, model evaluasi rantai pasokan dan pemilihan mitra rantai pasok.
  4. Focus pada peran manajer rantai pasok, tidak hanya pada kinerja, biaya, dan layanan pelanggan, tetapi juga dukungan masyarakat dan bantuan bencana. Hal ini perlu diperhitungkan dalam manajemen talenta dan pengembangan talenta dalam rantai pasokan secara lebih luas dan konsisten. Pandemi covid-19 dapat dijadikan pelajaran manajemen risiko di masa mendatang. Ini juga merupakan peluang bagi manajer rantai pasokan untuk bergerak melampaui mitigasi risiko dalam menciptakan rantai pasokan yang lebih bebas risiko secara berkelanjutan.

 

sumber : Hoek, Remko van. 2020. Research opportunities for a more resilient post-COVID-19 supply chain – closing the gap between research findings and industry practice. International Journal of Operations & Production Management Vol. 40 No. 4, 2020 pp. 341-355

Postingan Terbaru

  • OPSID X MLRP: Predicting circular economy practices of Small-Medium Enterprises (SMEs) in Indonesia: the role of supply chain finance and business survivability
  • BK MLRP X Ekonomi Sirkular ID: Peran Sonjo Dalam Darurat Sampah Jogja
  • Kondisi Logistik Indonesia 2023: Tantangan yang Dihadapi dan Upaya Peningkatan
  • Ketahanan dan Integrasi Rantai Pasok: Konsolidasi Jasa Pengiriman dan Logistik FedEx
  • Bagaimana ChatGPT Meningkatkan Efisiensi Rantai Pasok di Masa Depan?

MLRP Summary

  • Management Forum: Sustainability Series | Episode 2: Sustainability in Business and Supply Chain

MLRP Focus

MLRP Update

  • BK MLRP X Ekonomi Sirkular ID: Peran Sonjo Dalam Darurat Sampah Jogja
  • Kondisi Logistik Indonesia 2023: Tantangan yang Dihadapi dan Upaya Peningkatan
  • Ketahanan dan Integrasi Rantai Pasok: Konsolidasi Jasa Pengiriman dan Logistik FedEx
Universitas Gadjah Mada

Gedung Pertamina Tower Lt. 4, Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur

(0274) 548510

mlrp.feb@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju